ZonaZet – Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah Menendang ( kicking ), Menghentikan atau Mengontrol ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ), Lemparan Kedalam ( trow – in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Dibawah ini akan dijelaskan beberapa teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring bola dalam permainan Sepakbola.

1.Menggiring Bola

Barca

Dribbling atau menggiring bola dalam sepak bola amatlah utama. Lantaran dribbling merupakan satu diantara tehnik basic dalam sepak bola. Saat anda tak mendapatkan rekan yang dapat diumpan, anda mesti mendribbling atau menggiring bola itu, demikian juga saat mengumpan dapat menyebabkan offside, anda mungkin saja mesti menggiring. Menggiring pada intinya dibedakan jadi dua, yaitu closed dribbling dan speed dribbling. Closed dribbling dikerjakan dengan kontrol penuh atas bola, dikerjakan saat bola tak betul-betul aman dari lawan kita.

Pada closed dribbling, bola tak bisa ada lebih dari 1 meter didepan kaki kita. Adapun speed dribbling cuma mempunyai satu arah, yaitu kecepatan. Pada speed dribbling, kita menggiring bola dengan lari secepatnya. Dapat dilakukan dengan menendang bola kedepan lantas kita kejar sekuat-kuatnya. Tetapi syaratnya, kita betul-betul bebas dari desakan lawan.

2. Menendang Bola

469372_620

Untuk lakukan sepakan yang baik, anda mesti lakukan koordinasi pada semua anggota badan anda. Di bawah ini merupakan teknik menendang yang benar dengan koordinasi dari semua anggota tubuh.

POSISI KEPALA

Yang disebut dengan posisi kepala yakni saat sebelum menendang bola futsal lovers sebaiknya merekam keadaan lapangan, di mana posisi rekan serta lawan ada, supaya futsal lovers bisa memastikan kearah mana bola akan ditendang. Sesudah terekam semuanya, kepala lalu menghadap ke bola serta mata mengkoordinasikan sisi dari bola mana yang akan ditendang.

POSISI KAKI

Bila posisi kaki ada di segi depan bola, maka bola akan jalan lurus serta mendatar di tanah. Bila posisi kaki ada disisi samping bola jadi tidaklah terlalu kencang larinya. Sedang bila posisi ada di segi belakang bola, maka bola akan melambung tinggi.

SISI BOLA YANG INGIN DITENDANG

Dalam menendang sisi mana bola yang akan ditendang akan punya pengaruh pada jalannya bola. Bila menendang segi kiri bola, maka bola akan bergerak melengkung ke kanan. Bila menendang tepat dibagian tengah bola, jadi bola akan bergerak lurus ke depan. Bila menendang dari segi kanan bola, jadi bola akan bergerak menlengkung ke kiri. Sedang bila menendang tepat di atas bola, besar kemungkinan bola tidak akan bergerak kemana-mana. Apabila anda menendang tepat dibagian bawah bola maka bola akan terangkat dan melambung ke depan.

KEMAMPUAN KAKI

Laju cepat atau lambatnya bola ditentukan oleh seberapa kuat kaki anda sebelumnya menendang atau melakukan ancang-ancang. Jika anda sudah kebiasaan pakai kaki kanan, berarti anda menendang harus menggunakan kanan maupun sebaliknya. Daerah segi dalam kaki semakin banyak dipakai dalam permainan futsal. Karena tingkat keakuratannya cukup tinggi dalam lakukan passing atau umpan.

TEKNIK MENENDANG BOLA

Ada enam teknik langkah menendang bola. Sebagian dari teknik tersebut kerap kita lakukan, tetapi sebagian yang lain diperlukan teknik latihan sendiri. Berikut adalah ketujuh tehnik tersebut :

  1. Menendang dengan sisi dalam kaki
  2. Menendang dengan sisi luar kaki
  3. Menendang dengan punggung kaki (kura-kura)
  4. Menendang dengan punggung sisi dalam kaki
  5. Menendang dengan tumit
  6. Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu
  7. Mengangkat bola dengan ujung jari kaki/sepatu

3. Mengumpan

images

Mengumpan serta menerima bola merupakan yang paling penting dari sepakbola. Siapa tak bisa passing, maka bisa dipastikan ia tak bisa bermain sepakbola. Kenapa umpan sangat penting? Lantaran mengumpan lebih efektif dari pada menggiring. Camkan juga kalau pembawa bola yang baik senantiasa mengumpan bola sebelum ia ‘habis’. Jadi janganlah seseorang bila telah ‘habis’ baru mengumpankan bolanya. Sebab bila sekian, bolanya tentu bola yang ‘tidak enak’.

Sebagian kekeliruan dalam mengumpan :

  • Laju bola tidak pas dengan jarak passing (sangat keras atau sangat lembek). Bila sangat keras, bola tidak terjangkau rekan. Bila sangat lembek, bola terpotong lawan.
  • Umpan tak akurat.
  • Mengumpan padahal waktunya menembak.
  • Jangan sampai asal tendang bola (terkecuali dalam kondisi genting didepan gawang). Saksikan kondisi lantas ambillah ketentuan yang paling baik. Masalah visi, posisikan diri senantiasa mempunyai pandangan terbuka pada lapangan.

Mengumpan tak selalu tepat pada orangnya. Bila rekan kita tengah lari, kita memberikannya umpan pada ruang kosong didepannya. Bila kita mau rekan kita merangsek ke depan dengan kurun waktu yang lebih cepat, kita memberikan umpan pada ruangan kosong didepannya hingga ia lari kedepan untuk mengejar bola tersebut.

Menerima bola tidak selalu harus menghentikannya. Dapat segera diarahkan pada rekan. Bisa diarahkan ke arah kita, dan kita akan berlari membawa bola (sehigga lebih irit waktu). Diarahkan ke arah kosong menjauh dari lawan paling dekat (untuk kurangi pressing pada diri kita).

Sebagian jenis jenis passing yaitu umpan 1-2 (wall pass), umpan terobosan (through pass), umpan silang (crossing), serta umpan diagonal.

4. Mengontrol Bola

messi-360x249

Menghentikan bola adalah satu diantara tehnik basic dalam permainan sepakbola yang pemakaianya bersamaan dengan teknik menendang bola. Maksud menghentikan bola yaitu untuk mengontrol bola, yang termasuk juga didalamnya yaitu untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, serta mempermudah untuk passing.

PANDUAN – PANDUAN DALAM MENGONTROL BOLA :

  1. Posisi tubuh segaris dengan datangnya bola.
  2. Kaki tumpu menghadap pada bola dengan lutut sedikit ditekut.
  3. Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan sisi dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
  4. Bola menyentuh kaki persis di bagian dalam/mata kaki.
  5. Kaki penghenti ikuti arah bola. Untuk teknik menghentikan bola masihlah ada banyak langkah yang bisa dikerjakan salah satunya yakni memakai punggung kaki, paha, dada, dan kepala jika mungkin.

5. Menyundul Bola

32-cara-melakukan-teknik-dasar-heading-pada-permainan-sepak-bola

Maksud menyundul bola dalam permainan sepak bola yaitu untuk mengoper, cetak gol, mematahkan serangan lawan atau buang bola. Banyak gol terwujud dalam permainan sepak bola dari hasil sundulan kepala. Pemain harus belajar untuk menyundul bola memakai dahi, bukanlah ubun-ubun kepala.

Pemain mesti sadar jika mereka yang akan menyundul bola, bukanlah bola yang mengenai mereka. Dilihat dari posisi badannya, menyundul bola bisa dikerjakan dengan berdiri juga dengan melompat.