Inilah Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

0
46
manfaat buah naga bagi ibu hamil

Zonazet Buah naga yaitu buah tropis yang memiliki se-gudang manfaat bagi tubuh. Buah yang memiliki dua jenis ini yaitu merah dan putih ternyata sangat baik bagi ibu hamil. Walaupun, ya memang banyak buah – buah lain juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan para ibu hamil.

Pada saat masa hamil, para ibu diwajibkan untuk menjaga segala aktivitas sehari – hari tak terkecuali masalah asupan makanan. Makan buah adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil, sebab kandungan dalam buah sangat baik bagi ibu dan janin.

Salah satu buah yang bisa Anda pilih untuk asupan gizi dari buah adalah buah naga. Buah naga ini memiliki kandungan vitamin dan zat yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Apabila Anda masih bingung mengenai manfaat buah naga bagi ibu hamil, silakan simak penjelasan berikut ini.

Inilah Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Membantu Perkembangan Tulang pada Janin

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang terdapat di hampir seluruh buah – buahan. Selain itu, vitamin C ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi pada ibu hamil. Bagi Anda yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C sebanyak 85 mg perhari. Sedangkan dalam 1 buah naga Anda sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 34%.

Vitamin C selain bermanfaat dalam perkembangan dan pertumbuhan tulang, juga bermanfaat memperlancar sistem metabolisme dan pencernaan. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya seperti paprika merah.

Sumber Energi untuk Ibu dan Bayi

Pada masa – masa hamil, ibu hamil memerlukan energi yang ekstra untuk melakukan aktivitas setiap harinya. Selain untuk dirinya, ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan akan energi untuk bayinya. Di sini buah naga bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebab, buah naga disebut mengandung karbohidrat sebanyak 14 gram atau 62 kalori per sajian. Ketika waktu mengandung, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram hingga 165 gram per hari. Hal ini, buah naga nantinya digunakan sebagai sumber energi bagi Ibu hamil dan janinnya.

Mencegah Sembelit dan Wasir

Sembelit merupakan masalah yang timbul karena tubuh kekurangan serat. Tak hanya berakibat sembelit saja, kekurangan serat juga dapat menyebabkan wasir. Ketika masa hamil, ibu hamil sangat perlu mengkonsumsi serat yang cukup banyak. Bagaimana tidak, asupan serat yang dikonsumsi ibu hamil tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk bayi yang ada di dalamnya.

Untuk itulah ibu hamil perlu mengkonsumsi serat lebih banyak dari biasanya, menurut anjuran dokter ibu hamil disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 20 – 35 gram per harinya. Sedangkan buah naga mengandung serat yang cukup banyak yaitu berkisar 3 gram per sajian. Anda bisa memilih buah naga sebagai sumber serat dengan cara menjadikannya camilan.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil yang tidak terlalu memperhatikan asupan makanan, bisa dengan mudah terserang berbagai penyakit hal ini disebabkan sistem kekebalan yang menurun. Asupan makan yang baik bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, sehingga tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit.

Untuk mendapatkan semua itu Anda bisa mulai makan buah naga setiap harinya. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga sangat baik meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan pada buah naga, selain itu juga bermanfaat menangkal kanker, membantu perkembangan otak dan lainnya.

Buah naga tak hanya baik bagi ibu hamil saja, melainkan juga untuk semua kalangan dari anak hingga tua. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur, diharapkan tubuh menjadi sehat dan kuat.