Kenapa Bentuk Sarang Lebah Segienam?

Zonazet – Lebah merupakan salah satu serangga yang hidup berkelompok dan menghasilkan madu. Cara berkembangbiaknya juga unik yaitu dengan partenogenesis. Partenogenesis ini merupakan cara berkembangbiak hewan tanpa melalui proses fertilisasi.

Sel telur yang dibuahi oleh induk jantan akan berkembang menjadi lebah betina. Sedangkan yang tidak dibuahi akan berkembang menjadi lebah jantan. Pada saat masa bertelur mereka mengisi sarangnya dengan madu yang diperoleh dari nektar bunga. Tapi ada yang penasaran gak kenapa sih bentuk sarang lebah harus segienam? Check This Out!!!

Alasan Bentuk Sarang Lebah Segienam

1. Segi enam Dapat Menutupi seluruh bagian Sarang.

Maksudnya gimana sih?

Gambar diatas itu memakai bentuk dasar lingkaran. Bagian yang berwarna oranye adalah bagian yang tidak dapat ditutupi oleh bentuk dasar. Sekarang coba bandingkan dengan gambar dibawah ini.

Ketiga gambar diatas menggunakan bentuk dasar Segitiga, Persegi, dan Segienam. Ketiga bangun ini dapat menutupi semua bagian. Baik bentuk yang berwarna hijau atau yang berwarna kuning semua memiliki bentuk yang sama. Sekarang Kenapa sih kok lebah memilih  bentuk segienam sebagai bentuk sarang? Berikut ini alasan keduannya.

2. Dengan Keliling yang Sama Luas Segienam lebih besar daripada bangun lain.

Maksudnya apabila sebuah segitiga, persegi, dan segienam memiliki keliling yang sama maka luas segienamlah yang tersebar. Ini Buktinya:

Keliling = 4 X 15 cm = 60 CM
Luas = S X S = 15 cm X 15 cm = 225 CM2

 

 

 

Jadi terbukti kan kalau dengan keliling yang sama dengan segitiga dan persegi, segi enam akan menghasilkan luas paling besar. Jadi itulah alasan mengapa segienam dipilih lebah menjadi bentuk sarangnya.

Ternyata Tuhan telah menciptakan mahkluknya dengan sempurna. Salah satunya adalah kemampuan lebah untuk membentuk segienam sebagai sarangnya. Padahal kita saja sangat sulit untuk menggambar segienam sama sisi.

Cukup sampe disini aja pembahan Kenapa Bentuk Sarang Lebah Segienam? . Semoga menambah wawasan anda.

 

  • avif ibnu

    lebahnya pintar mtk donk