ZonaZet – Pernah gak sih ngerasain koneksi internet yang super lemot ? pasti pernahkan. Memang entah kenapa sekarang koneksi di Indonesia terkadanag lemot, biasanya lagi serius streaming di YouTube atau browsing tiba – tiba koneksinya hilang atau menjadi lemot.

internet-lemot

Alasan Kenapa Koneksi di Indonesia Lemot

1. Tingginya Tingkat Pengguna Internet di Indonesia

Jaman sekarang semakin berkembangnya teknologi menyebabkan meningkatnya penggunaan koneksi internet. Karena teknologi tidak akan jauh-jauh dari koneksi internet, misalnya laptop, komputer, dan smartphone. Anda sudah bisa melihat bagaimana perkembangan smartphone sekarang, ini menjadikan peningkatan penggunaan internet versi mobile yang bahkan sudah tercatat dunia. Sampai google menerapkan sistem baru yaitu Mobilegeddon yaitu website mendukung tampilan mobile, sudah terlihat kan bagaimana peningkatan penggunaan internet versi mobile/handphone.

2. Biaya Hosting Server Lokal Masih Mahal

Lihat saja, bila kita ingin membuat website dengan menggunakan hosting. Tentunya kita bakal mengetahui bahwa biaya sewa hosting dengan server IIX lebih mahal dari server USA/ luar negeri. Untuk kecepatan hosting luar negeri memang lebih lambat namun harga lebih murah. Sehingga banyak para pemilik web yang lebih memilih hosting luar negeri untuk menghemat biaya walaupun situs-situs mereka akan lebih lelet dan lemot.

3. Terlalu Banyak Operator

Kini di Indonesia ada sekitar 9 operator seluler. hal itu tentunya tidak efisien, sebab setiap operator pasti akan mendapatkan spektrum jaringan yang kecil karena harus berbagi dengan operator lainnya. tentu sebagai impactnya adalah kualitas jaringan koneksi yang diterima konsumen akan lemot. Bila memperhatikan beberapa negara maju didunia, pemerintahnya sangat selektif dalam menentukan dan mengeluarkan ijin operator baru dan biasanya tidak lebih dari 5 perusahaan yang beroperasi.

4. Promosi Antar Operator

kalau kita lihat lebih jauh, selama ini dengan banyaknya program promosi adalah untuk mencari pelanggan. namun dengan semakin banyaknya program promosi tersebut terlihat kecenderungan kualitas semakin menurun. Intinya besar biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen adalah sebanding dengan kualitas yang diterima konsumen. Sehingga patokan bisnis ala operator tersebut sudah membudaya dan wajar apabila semakin hari koneksi internet semakin lelet dan lemot.

5. Kondisi Geografis Indonesia

Sebagai negara kepulauan yakni lebih dari 13 ribu pulau dan terbentang seluas lebih dari 1.9 juta km2 serta perpaduan wilayah medan berbukit dan berlembah adalah masalah yang dihadapi oleh penyedia jaringan dalam membagungf infrastruktur jaringan internet. Pada kesimpulannya memerlukan biaya relatif lebih besar daripada wilayah yang biasa. Hal inilah salah satu penyebab yang lambat dan mahalnya biaya internet di Indonesia.

Demikian sudah, penyebab – penyebab mengapa internet di Indonesia kian lama kian lemot. Semoga dengan dibuatnya artikel ini, Anda bisa lebih tahu dan bisa menambah wawasan anda di bidang teknologi.