ZonaZet – Kebiasaan mendengarkan musik menggunakan earphone (headset) sudah kerap terjadi di kalangan remaja, dewasa, maupun anak-anak saat ini. Terutama pada saat keadaan jenuh, di waktu kosong,maupun sebelum tidur. Hal sperti ini tidak diperhatikan oleh kalangan remaja ataupun anak-anak saat ini. Sehingga mereka tidak mengerti apa dampak negatif dari mendengarkan earphone (headset) terlalu lama bagi kesehatan tubuh terutama telinga.

Berikut dampak negatif dari earphone (headshet) bagi kesehatan tubuh

1. Kehilangan pendengaran

Jika kita ingin mendengarkan lagu dengan menggunakan headset atau earphone. Sebaiknya, gunakan hanya sampai 15 menit saja. karena terlalu menggunankan alat tersebut dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga hingga kehilangan pendengaran.

2. Dapat membuat telinga mendengung

Bahaya yang sering terjadi saat sering menggunakan earphone (headset) yaitu dapat menyebabkan telinga mendengung. Telinga yang mendengung akan menyebabkan kita merasa tidak nyaman dengan pendegaran kita. Hal ini hampir sama seperti ketika kita melakukan perjalanan jauh atau ketika naik pesawat. Hal ini terasa seperti terjadi perubahan tekanan udara di sekitar kita.

3. Kerusakan pendengaran secara permanen

Dampak negatif yang lainnya adalah kerusakan pendengaran secara permanen (tuli). Penggunaan earphone (headset) dengan volume yang terlalu keras dapat membuat rumah siput berdengung dan terasa panas sehingga menyebabkan rasa lelah. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, resiko kerusakan permanen pada pendenganran akan semakin besar.

4. Infeksi Telinga

Menggunakan earphone (headset)  memang sangat menyengkan. Namun, pernahkah Anda berbagi earphone (headset) secara bergantian bersama teman, keluarga dan juga pasangan? Jika iya, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini. Kenapa? Karena terlalu sering berbagi penggunaan headphone dan earphone dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Ini terjadi karena bakteri mereka akan berpindah ke telinga Anda sehingga menyebabkan infeksi.

5. Gangguan Pendengaran di Usia Muda

Dampak negatif menggunaka earphone (headset) terlalu sering berikutnya adalah gangguan pendengaran pada usia muda. Batas normal volume headset yaitu antara 0 sampai dengan 40 desibel untuk orang dewasa. Jika melebihi batas yang sudah ditentukan maka akan berakibat fatal pada sistem pendengaran. Berdasarkan penelitian yang ada, efek penggunaan earphone (headset)  secara berlebih memang tidak terasa langsung melainkan secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia muda sekitar 20-an ke atas. Di usia yang masih muda, si penderita akan mulai terganggu pendengarannya.

6. Berbahaya Bagi Otak

Suara yang dihasilkan oleh earphone (headset) lainnya juga mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang sangat berbahaya pada otak. Menurut sebuah penelitian mengatakan jika akan terjadi gangguan pada otak apabila terlalu sering menggunakan earphone.

7. Sakit Telinga

Bagi semua orang yang gemar menggunakan earphone (headset) kebanyakan mengeluh merasakan rasa sakit pada telinga mereka setelah menggunakan earphone (headset). Hal ini disebabkan oleh terlalu lama dan terlalu sering menggunakan earphone dalam kehidupan sehari – hari. Baik ketika mereka sedang bersantai, membaca buku, maupun saat mau tidur hingga terbawa ke alam bawah sadar, dimana otak sedang berhenti bekerja tetapi, dengan adanya earphone (headset) yang menghasilkan suara atau music otak menjadi bekerja walaupun seharusnya otak juga ikut istirahat. Hal itu dapat mengurangi kemampuan telinga untuk mendengar secara jelas.

Sudah dibaca kan ? Itu lah 7 dampak negatif dari penggunaan Earphone (Headset) jangan sampai menggunakan Earphone secara berlebihan karena bisa mempunyai dampak negatif seperti yang diatas.