4 Cara menghindari Ransomware “Wanna Cry” Pada PC kamu!

Zonazet – Wabah virus komputer jenis Ransomware bernama Wanna Decryptor atau Wanna Cry membuat seluruh rumah sakit mengambil sikap cepat untuk menangkal penyebaran virus ini. Tujuannya agar virus tersebut tak sempat merusak data pasien dan mengganggu pelayanan.

Biasanya Virus yang seperti ini menyerang beberapa Perangkat saja yang ada di sebuah perusahaan dan organisasi yang kurang adanya pengaman Seperti, Antivirus. tapi biasanya terdapat Antivirus yang kurang pengamanannya, sehingga masih dapat di jebol oleh Virus yang tidak terdeteksi oleh Antivirus Tersebut.

4 Cara menghindari Ransomware Wanna Cry

1. Perbarui Antivirus

Ransomware bernama Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi server message block (SMB). Jadi kalian harus memiliki minimal 1 Antivirus dalam PC kalian, Hal ini dapat mencegah Virus untuk masuk kedalam PC/Komputer kalian.

Antivirus Terbaik ››

2. Siapkan Duplicate File/Folder Penting

Jika komputer kena serangan, virus mengunci computer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Kemudian muncul pesan meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.

3. Amankan LAN dari suatu Malware

Bagi RS yang menggunakan Windows untuk sistem komputer RS, agar melakukan pencegahan terinfeksi malware wannacry yaitu:

  • Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  • Jangan mengaktifkan fungsi macros
  • Non aktifkan fungsi SMB v1
  • Block 139/445 & 3389 Ports
  • Selalu backup file file penting di komputer Anda disimpan di tempat lain.

4. Putuskan Sambungan LAN beberapa hari

Bagi RS yang terinfeksi malware wannacry agar memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang vulnerable.

Yap mungkin 4 hal itu bisa mencegah PC kalian terhindar dari Virus ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengalaman bagi kalian yang bekerja menggunakan PC atau Perangkat Keras.